^.^

WELCOME TO MUNGTYAS BLOG

LOGO UG

LOGO UG

TulisanQ

Semoga Bermanfaat

Mengenang 5 Tahun Tragedi Tsunami

>> Sabtu, 26 Desember 2009


Hari ini (tanggal 26 Desember), tepat 5 tahun terjadinya peristiwa Tsunami yang melanda beberapa Negara, salah satunya Indonesia. Pengertian Tsunami sendiri (dalam bahasa Jepang: 津波; tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara harafiah berarti "ombak besar di pelabuhan") adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, atau atau hantaman meteor di laut. Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. Tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Di laut dalam, gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 500-1000 km per jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang. Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Dengan demikian, laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. Ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter. Hantaman gelombang Tsunami bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibir pantai. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena Tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami.
Dampak negatif yang diakibatkan tsunami adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan, pencemaran air asin lahan pertanian, tanah, dan air bersih.

o Syarat terjadinya tsunami akibat gempa
Gempa bumi yang berpusat di tengah laut dan dangkal (0 - 30 km)
Gempa bumi dengan kekuatan sekurang-kurangnya 6,5 Skala Richter
Gempa bumi dengan pola sesar naik atau sesar turun

Bayangan menakutkan tsunami yang memorak-porandakan Nangroe Aceh Darussalam lima tahun lalu pasti masih melekat kuat dalam benak sebagian kita. Ratusan ribu jiwa melayang seketika akibat gelombang pasang yang tiba-tiba menyapu Aceh. Mayat-mayat bergelimpangan hampir di seluruh bagian Barat Aceh. Seluruh kota di kawasan yang dilanda tsunami benar-benar luluh lantah. Selama lima tahun ini kita berupaya untuk bangkit membangun kembali kehidupan. Bersama-sama kita berupaya untuk menata kembali perumahan, tempat pendidikan, dan pusat kesehatan. Kita mencoba membangun kembali kota dan negeri yang hancur total karena terjangan tsunami. Peringatan lima tahun tsunami bukan hanya baik untuk mengenang peristiwa yang telah membuat kita kehilangan begitu banyak sanak saudara kita, tetapi pelajaran penting bagi kita yang masih hidup untuk bisa menata kehidupan yang lebih baik. Aceh harus bisa menjadi contoh sebuah kebangkitan dan kemajuan pembangunan di Indonesia. Bukan Aceh seperti sekarang yang menjadi salah satu provinsi yang tertinggal di belakang.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tsunami
http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/tajuk/2009/12/26/198/Aceh-Setelah-Lima-Tahun-Tsunami

0 komentar:

Cari Blog Ini

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP